Tahapan Rehabilitasi Mental dan Jadwal Kegiatan

Rehabilitasi Mental

Tahapan rehabilitasi di Panti Rehabilitasi Mental Jiwa Sehat melewati 3 fase yang disesuaikan dengan keadaan masing-masing individu ketika pasien datang ke Jiwa Sehat pertama kalinya yaitu fase akut, fase stabilisasi, dan fase akhir.

1. Pada fase akut
Umumnya pada fase ini, pasien masih gaduh gelisah atau memiliki gejala menonjol. Hal ini biasanya ditandai dengan penolakan minum obat dan rawat inap karena tidak merasa dirinya sakit (insight buruk). Fokus rehabilitasi pada tahap ini adalah bagaimana mengontrol gejala yang dialami pasien. Setelah gejala cukup berkurang dan terkendali, pasien kemudian diberikan beberapa kegiatan, misalnya berupa kegiatan olah raga ataupun sharing dengan penghuni panti lainnya mengenai gejala. Selain itu juga dilakukan Terapi Aktivitas Kelompok. Fokus terapi pada tahap ini adalah pengontrolan dan pengenalan gejala.

2. Fase stabilisasi
Fase stabilisasi adalah ketika kondisi pasien sudah stabil dalam pengertian gejala sudah terkontrol sepenuhnya. Pada fase ini, fokus terapi terutama adalah bagaimana memperbaiki insight pasien mengenai kondisi sakitnya (sejauh mana pasien memahami bahwa ia membutuhkan terapi dan pertolongan untuk perbaikan kondisi dirinya). Pasien juga tetap dilibatkan dalam berbagai aktivitas bersama (dengan tujuan kembali melatih kemampuan bersosialisasi). Perbaikan insight diperlukan karena hal inilah yang akan menentukan, apakah pasien akan mau melakukan terapi sesuai yang dibutuhkannya (baik terapi dengan obat maupun non obat) di kemudian hari.

3. Fase akhir
Fase ini adalah fase persiapan pulang sebelum pasien kemudian melakukan terapi rawat jalan. Fase ini dilakukan bila pasien sudah mulai menunjukan pemahaman pada kondisi yang dialaminya. Terapi aktivitas kelompok dan kegiatan harian tetap dilakukan. Fokus terapi adalah mengenalkan dan berdiskusi mengenai pencegahan kekambuhan di rumah (dengan terutama mengenali tanda-tanda kekambuhan), pemahaman mengenai obat, rencana aktivitas yang akan dilakukan pasien bila pulang ke rumah.

Jadwal Kegiatan

Jadwal Kegiatan di Panti Rehabilitasi Mental Jiwa Sehat adalah sebagai berikut:

Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) : Selasa dan Kamis pagi.
Fokus TAK: pengenalan gejala (contoh: halusinasi, waham, dsb), perawatan diri, dan peningkatan tilik diri (insight) pasien terhadap kondisi sakitnya
Olah raga: Setiap pagi
Ibadah: sesuai agamanya
Rekreasi : setiap hari, jam disesuaikan dengan waktu kegiatan pasien yang sedang kosong

2 pemikiran pada “Tahapan Rehabilitasi Mental dan Jadwal Kegiatan

  1. Dok mau tanya apakah disana dilakukan proses hypno therapy juga? Kl ya dalam kondisi apakah pasien diperlukan ikut hypno therapy?
    Thanks

    • Dear YS,

      Hipnoterapi merupakan kontra indikasi mutlak pada beberapa kondisi psikiatri. Misalnya pada kondisi pasien yang sedang gaduh gelisah atau pada kondisi reality testing ability (rta) terganggu, yang misalnya dapat ditemukan pada orang yang sedang mengalami halusinasi dan waham yang menonjol. Hipnoterapi dapat dilakukan pada kondisi pasien yang sudah tenang dan gejala-gejala rta terganggu sudah perbaikan.

      Salam,

      Dr.irma

Tinggalkan pesan Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s